STAIN Kediri Sebagai salah satu instansi negeri di kota Kediri di bawah Kementerian Agama RI, dan sebagai sebuah instansi pendidikan tidak lepas dari pemberian pelayanan kepada segenap civitas akademika dan juga masyarakat. Oleh karena itu, untuk pelayanan tersebut, STAIN Kediri mempunyai unit-unit kerja yang melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing untuk memberikan pelayanan khususnya dalam bidang administrasi dan kegiatan belajar mengajar mahasiswa.

Ada beberapa unit kerja STAIN Kediri yang melayani bidang administrasi, diantaranya :

Sub Bagian Umum
Sub bagian umum yang dibawahi oleh Kepala Subbag (Kasubag) umum adalah unit kerja STAIN Kediri yang melayani kebutuhan-kebutuhan administratif umum. Subbag ini melayani unit-unit lain dalam hal kelengkapan umum, semisal pengadaan ATK, pemeliharaan barang-barang milik Negara (BMN) dan juga aset Negara. Selain itu, sub bagian ini melakukan kontrol terhadap keluar masuknya surat-surat serta proses administratif lain yang serupa.

Sub Bagian Akademik & Kemahasiswaan
Sesuai dengan namanya, sub bagian ini melayani bidang akademik dan kemahasiswaan. Secara umum sub bagian ini melayani hal-hal yang berhubungan dengan akademik, seperti pelayanan mahasiswa baru, rencana studi dan juga hasil studi mahasiswa.

Sub Bagian Kepegawaian
Sub bagian kepegawaian adalah sub bagian yang menangani masalah sumber daya manusia dan data-data pegawai STAIN Kediri. Sebagai salah satu instansi pemerintahan, salah satu layanan sub bagian ini adalah memproses kepangkatan ataupun jabatan para pegawai. Selain itu, sub bagian kepegawaian juga melakukan recording data dari para pegawai mulai dari pertama kali menjadi pegawai sampai dengan proses pensiun.

Sub Bagian Keuangan & Perencanaan
Untuk melaksanakan suatu kegiatan tidak terlepas dari pendanaan. Hal ini merupakan salah satu tugas pokok dari sub bagian ini. Selain itu, sub bagian ini mempunyai tugas melakukan perencanaan keuangan dan juga kontrol terhadap keluar masuknya keuangan yang ada di STAIN Kediri.

Bagian Perpustakaan
Sebagai salah satu instansi pendidikan, STAIN Kediri juga mempunyai unit kerja bagian perpustakaan. Secara umum unit kerja ini melayani mahasiswa maupun pengajar dalam hal penyiapan literatur-literatur untuk proses belajar mengajar, seperti melayani peminjaman buku.

Laboratorium Terpadu
Laboratorium adalah salah satu fasilitas untuk mahasiswa. Disini mereka bisa mempraktekkan keilmuan mereka yang didapat secara teoristik. Unit kerja ini bertugas melaksanakan kegiatan-kegiatan praktikum. Untuk kegiatan praktikumnya, STAIN Kediri mempunyai beberapa laboratorium yang bisa mendukung proses belajar mengajar mahasiswa, diantaranya :

  • Laboratorium Microteaching, fasilitas praktek mengajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah.
  • Laboratorium Psikologi, fasilitas praktek untuk mahasiswa prodi Psikologi Islam
  • Laboratorium Peradilan Semu, fasilitas praktek bagi mahasiswa Hukum Islam
  • Laboratorium Multimedia, fasilitas praktek pengenalan teknologi informasi.
  • Laboratorium SAC (Self Access Centre), fasilitas praktek Bahasa Arab.
  • Laboratorium SLC (Student Learning Centre), fasilitas praktek Bahasa Inggris.
  • Laboratorium Komunikasi, fasilitas praktek bagi mahasiswa Prodi Komunikasi Islam, yang meliputi Lab. Radio Kaka FM dan TV Komunitas Kaka TV.
  • Laboratorium Bahasa, fasilitas praktek untuk penguasaan bahasa.

Lembaga Pengembangan Bahasa
LBB merupakan sebuah lembaga yang ada di STAIN Kediri yang menangani program pengembangan bahasa dan budaya bagi mahasiswa STAIN Kediri. Kegiatan lembaga ini berkonsentrasi pada kajian Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yang merupakan pokok kajian bahasa di STAIN Kediri.

LP3M
Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) adalah unit kerja STAIN Kediri yang berfungsi sebagai pusat pelayanan penelitian ataupun riset para dosen dalam rangka pengembangan khasanah keilmuannya. Unit ini juga memfasilitasi penerbitan jurnal dan juga karya tulis ilmiah dari para peneliti. Selain itu juga menjembatani kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat.