Saat ini, kamera telah menjadi salah satu item terpenting dalam penjualan ponsel. Beberapa produsen ponsel bahkan telah menyewa perusahaan kamera atau lensa untuk meningkatkan kinerja kamera saluran telepon mereka.

Bahkan, beberapa fotografer profesional memperluas tren fotografi dan videografi seluler dan mulai menggunakan ponsel dalam pekerjaan profesional mereka. Menurut survei Suite48Analytics (https://www.suite48a.com/pro-camera) terhadap 881 fotografer profesional di Amerika Utara dan Eropa, sekitar 97 fotografer menggunakan ponsel mereka untuk setengah dari fotografi profesional mereka.

Berbagai fotografer juga mengaku sering menggunakan ponsel untuk memotret hasil karyanya, seperti website, atau mengunggahnya ke media sosial. Namun, mereka juga menggunakan ponsel mereka untuk banyak tugas profesional lainnya, seperti fotografi di balik layar atau fotografi, tergantung pada kebutuhan pelanggan mereka.

Sayangnya, masing-masing ponsel memiliki kekurangannya sendiri dalam hal kapabilitas dan kemampuan perangkat lunak yang memproses foto dan video. Selain itu, terkadang konsumen menginginkan gaya fotografi tertentu, seperti filter yang mempercantik atau gaya kamera analog.

Berikut DetikJabar merangkum aplikasi kamera terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengedit foto.

1. Editor Foto dan Video Lightroom

Kompatibilitas: Android, iOS Pengembang: Adobe Harga: Gratis – Berlangganan termasuk

Lightroom Photo & Video Editor adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe. Adobe sendiri merupakan salah satu perusahaan yang paling terkenal dan sukses di bidang desain kreatif seperti video, gambar, audio dan desain grafis.

Adobe awalnya hanya menawarkan Lightroom untuk komputer. Karena evolusi ponsel yang cepat dan minat konsumen yang besar dalam mengambil dan mengedit foto di ponsel, Adobe memutuskan untuk membuat aplikasi untuk Android dan iOS.

Bagian dari keindahan aplikasi Lightroom adalah memberikan kebebasan kepada konsumen untuk mengedit warna dan tekstur foto dan video mereka secara profesional. Aplikasi ini tidak mudah dimengerti karena dibangun untuk para profesional sejak awal. Namun, Lightroom berusaha untuk memudahkan pengguna untuk menggunakannya dengan menyediakan berbagai preset.

Baca Juga  WhatsApp IOS Memperkenalkan Fitur Stories Ke Daftar Obrolan

2. NOMO CAM – pilih dan tembak

Kompatibilitas: Android & iOS Pengembang: Beijing Lingguang Zaixian Information Technology Harga: Gratis – Biaya tambahan untuk perangkat lunak berlangganan dan opsi kamera tertentu

NOMO CAM memiliki slogan “Kamera Analog Mini”. NOMO CAM menawarkan beragam kamera yang terinspirasi dari kamera analog legendaris dengan tema kamera analog. Namun, tidak semua kamera tersedia secara gratis. Beberapa kamera memerlukan program berlangganan, yang lain harus dibeli secara terpisah. Harga jual antara 15.000 dan 60.000 rupee tidak termasuk pajak.

Misalnya, NOMO CAM memiliki ‘TOY F’ yang terinspirasi Fujicolor, camcorder ‘135 Ti’ yang terinspirasi Nikon 35 Ti dengan gulungan film Fuji Superia, dan ‘135 GR’ yang terinspirasi Ricoh. adalah opsi kamera seperti kamera. GR21 dengan Kodak Tri X 400TX Film Roll dan banyak pilihan lainnya.

Kamera ponsel digunakan dalam aplikasi NOMO CAM seperti halnya kamera analog digunakan. Sama seperti dengan lensa tetap 35mm, ponsel kita tidak dapat memperbesar atau memperkecil saat mengambil gambar.

3. Beauty Plus – Perbaiki, Filter

Kompatibilitas: Pengembang Android dan iOS: PIXOCIAL TECHNOLOGY (SINGAPURA) PTE. Ltd Harga: Gratis – ada program berlangganan.

Beauty Plus disiapkan untuk Anda yang menyukai foto dengan efek kecantikan. Pengembang aplikasi ini mengklaim telah mengunduh dan menggunakannya oleh 800 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini dapat membuat selfie untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan dan mencerahkan kulit, pipi merona, mencoba gaya riasan tertentu, dan banyak fungsi lainnya.

Dalam hal memotret, Beautyplus menawarkan banyak pilihan untuk membuat foto Anda lebih menarik. Beautyplus menawarkan ratusan opsi stiker yang otomatis muncul di wajah Anda dan banyak pilihan filter.

Baca Juga  Teleskop James Webb Rilis Foto Berwarna Pertama Alam Semesta

4. Kamera Pro

Kompatibilitas: Pengembang iOS: Cocologics Harga: Rp 249.000

Aplikasi ini adalah satu-satunya unduhan gratis di daftar ini. Harganya juga sangat mahal. Namun, kualitas aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi. The New York Times dan National Geographic juga mengulas dan merekomendasikan aplikasi tersebut.

ProCamera dirancang agar mudah digunakan dalam aktivitas sehari-hari sekaligus menyediakan fitur kamera yang komprehensif dan imersif untuk penggunaan profesional. Salah satu petunjuknya adalah dukungan untuk format gambar RAW. ProCamera juga menyediakan fungsi long exposure yang memungkinkan Anda membuat berbagai foto dengan motion blur.

5. Google Kamera atau GCam

Kompatibilitas: Pengembang Android: Google Harga: Gratis

Salah satu kekuatan ponsel Google adalah kualitas gambar. Itu tidak memiliki perangkat keras terbaik di kelasnya, tetapi ponsel Google memiliki perangkat lunak yang menangani foto dengan sangat baik. Sayangnya, ponsel Google belum resmi dijual di Indonesia.

Banyak orang yang tidak puas dengan hasil kamera bawaan ponselnya atau ingin merasa ingin berfoto dengan ponsel buatan Google bisa mengunduh aplikasi GCam ini. Namun, GCam tidak tersedia di Google Play Store, jadi Anda perlu mengunduhnya melalui situs APK tepercaya.

Meskipun dirancang khusus untuk ponsel Google, aplikasi GCam masih tersedia di banyak ponsel Android merek lain. Salah satu keunggulan GCam adalah dapat menghasilkan gambar yang sangat baik dalam kondisi minim cahaya atau pada malam hari.

Nah, itulah beberapa rekomendasi kami mengenai aplikasi kamera terbaik untuk Android dan iOS. Sedangkan untuk aplikasi editing video kami rekomendasikan Kinemaster Pro saja yang bisa kamu unduh via sultranesia.ID