Apa sih Candi Prambanan Itu?

Kalo kamu udah pernah main ke Yogyakarta, pasti gak asing lagi dengan Candi Prambanan. Tempat wisata ini salah satu yang paling terkenal di daerah Jogja. Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara! Terletak sekitar 17 km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan ini udah masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO loh! Candi Prambanan ini terdiri dari 240 candi, tapi yang paling utama ada 3 candi besar yang disebut sebagai Trimurti. Ada Candi Siwa sebagai simbol dewa Siwa, Candi Brahma sebagai simbol dewa Brahma, dan Candi Wisnu sebagai simbol dewa Wisnu. Ketiga candi ini punya arsitektur yang sama-sama cantik dan detil banget.

Mitos-Mitos di Balik Candi Prambanan

Karena Candi Prambanan ini udah berumur ratusan tahun, tentu aja banyak banget mitos-mitos yang berkembang di sekitarnya. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah mitos tentang Candi Sewu. Konon, Candi Sewu ini dulunya punya hubungan yang erat dengan Candi Prambanan, karena Candi Sewu dianggap sebagai istana bagi para dewa.

Mitos ini bikin Candi Sewu jadi tempat yang banyak dikunjungi turis juga. Selain itu, ada juga mitos tentang Candi Prambanan yang konon katanya dibangun oleh seorang raksasa bernama Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso ini punya tugas untuk membuat 1000 candi dalam semalam, tapi dengan syarat dia harus menikahi Putri Roro Jonggrang.

Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 candi, tapi Putri Roro Jonggrang berhasil bikin rencana agar Bandung Bondowoso gak bisa ngebuat candi terakhir. Akhirnya Bandung Bondowoso pun marah dan mengutuk Putri Roro Jonggrang jadi candi terakhir. Candinya bisa kamu liat di Candi Prambanan loh!

Baca Juga  7 Destinasi Wisata Dalam Negeri yang Wajib Dikunjungi Saat Libur Akhir Tahun 2023

gaya arsitektur Hindu

Gaya arsitektur Hindu klasik dan klasik berdasarkan Vastu Shastra menjadi dasar dari Candi Prambanan. Memasukkan denah candi mandala, candi ini juga memiliki menara tinggi tradisional dengan gaya candi Hindu. Kuil tersebut diyakini mewakili Meru, gunung suci; Tempat tinggal Shaiva dan rumah bagi mitologi Hindu. Seluruh candi dikatakan sebagai lambang alam Hindu.

Bagian candi

Candi Prambanan mengikuti hierarki situs candi, mulai dari situs yang paling tidak penting hingga situs Hindu yang paling penting. Rencana regional yang komprehensif terdiri dari tiga tahap:
1. Bhurloka – Lapangan alami dan tidak suci, yang merupakan pelataran luar dan pondasi setiap candi.
2. Bhuvarloka – tempat tinggal makhluk ilahi yang diberkati dan yang paling tidak suci, adalah halaman tengah dan tempat suci setiap kuil.
3. Svarloka – Tempat Suci, ditampilkan sebagai pelataran dalam dan bagian atas setiap candi.
Poin kunci
Batu mulia (Ratna) digunakan untuk menghiasi bagian atas candi Prambanan, yang konon merupakan stupa Hindu padanan Buddha.

Cara ke Candi Prambanan

Kalo kamu mau ke Candi Prambanan, kamu bisa naik transportasi umum kayak bus, mikrolet, atau angkutan kota. Atau kalo kamu mau lebih praktis, kamu bisa sewa kendaraan atau pesan ojek online. Harganya cukup terjangkau kok, sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000. Kalo kamu bingung, kamu bisa pesan tour ke Candi Prambanan yang udah termasuk tiket masuk dan transportasi.

main juga ke Goa Jomblang Yuk!

Oh iya, kalo kamu udah main ke Candi Prambanan, jangan lupa juga untuk main ke Goa Jomblang ya! Goa Jomblang ini adalah tempat wisata alam yang super keren dan banyak banget pengunjungnya. Di sini kamu bisa liat pemandangan gua yang indah banget dan suasana yang eksotis. Oh iya, biar lebih praktis, kamu bisa pesan tour ke Goa Jomblang di goajomblang.com. Mereka udah terpercaya dan punya banyak paket tour yang menarik!

Baca Juga  Hotel Bintang 5 Artinya Apa? Ini Kriteria dan Klasifikasi Hotel Berbintang