Samsung akan meluncurkan generasi terbaru Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5 pada Agustus 2023.

Banyak bocoran mengenai Galaxy Z Fold 5 mulai beredar, meski perusahaan asal Korea tersebut belum mengungkapnya secara langsung.

Salah satu bocoran tersebut menyebutkan bahwa Galaxy Z Fold 5 tidak akan mengalami perubahan besar dari Fold generasi sebelumnya.

Namun menurut touchnottingham.com, ada perubahan signifikan pada desain engsel atau engsel Galaxy Z Fold 5 yang membuat ponsel ini lebih tipis saat dilipat.

Samsung sendiri diketahui mengubah desain engsel setiap tahunnya agar lebih nyaman bagi penggunanya.

Di Galaxy Fold 4, Samsung telah menambahkan penutup horizontal pada ponsel sehingga terlihat seperti smartphone biasa saat ditutup.

Meski begitu, Galaxy Z Fold 4 sendiri masih memiliki bodi yang tebal saat dilipat dibandingkan tipikal ponsel Android.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Samsung sering menyelenggarakan acara peluncuran dua kali setahun, atau acara yang biasa disebut Unpacked.

Karena Galaxy Unpacked 2023 sudah menampilkan seri Galaxy S23, acara tahunan Unpacked berikutnya akan meluncurkan ponsel layar lipat baru.

Mencerminkan peluncuran Galaxy Z Fold 4 pada 10 Agustus 2022 dan peluncuran Galaxy Z Fold 3 pada 27 Agustus 2021, ponsel Samsung baru diharapkan akan diluncurkan pada waktu yang bersamaan.

Dari segi harga, ponsel lipat Samsung ini memang tidak murah. Galaxy Z Fold 4 sendiri dijual dengan harga mulai dari $1.800.

Belum diketahui secara pasti, namun kepala bisnis seluler Samsung, TM Noh Tae-hyun, mengakui bahwa menetapkan harga ponsel bisa jadi sulit.

Engsel gaya “tetesan air” baru yang akan ditampilkan pada Samsung Galaxy Z Fold 5 tidak tahan lama seperti versi sebelumnya.

Ia mengklaim bisa mengurangi lipatan pada layar smartphone, namun diperkirakan engsel ini tidak bertahan lebih lama dari engsel Samsung Galaxy Z Fold 4 yang dirilis tahun lalu.

Baca Juga  XL-Viamo Meluncurkan Tanya321 Di WhatsApp Untuk Memberikan Informasi Kesehatan Bagi Kementerian Kesehatan

Menurut laporan The Elec yang dilansir 9to5Google pada Minggu, 3 Mei 2023, Samsung dikabarkan sedang menguji engsel baru ini.

Namun, tes ini berkisar hingga 200.000 kali resistensi. Angka ini identik dengan pengujian Galaxy Z Fold sebelumnya, dan perbedaan 400.000 kali lipat dari pesaingnya yang akan datang, Honor Magic VS dan Oppo Find N2.

Laporan sebelumnya menyatakan bahwa engsel akan diuji hingga 300.000 kali.

Namun, engsel Galaxy Z Fold 5 tampaknya memiliki batas 200.000 lipatan, dan pada kenyataannya kekuatan engsel harus dipertahankan pada 85% atau lebih bahkan setelah 200.000 lipatan.

Secara teoritis, tes ini dapat memakan waktu sekitar 5 tahun menggunakan smartphone lipat ini lebih dari 100 kali sehari.

Sementara itu, pesaing Samsung biasanya mengharapkan masa pakai sekitar 10 tahun, yang merupakan waktu terlama dari semua perangkat elektronik.

Samsung Z Fold 5 atau smartphone layar lipat generasi penerus Samsung dikabarkan akan hadir dengan pengembangan engsel baru bernama “Water Drop”.

Sambungan baru ini memungkinkan kedua layar bersandar secara halus satu sama lain, memungkinkan lipatan yang lebih rata.

Berbeda dengan Galaxy Z Fold 4 yang menggunakan engsel berbentuk U, terdapat celah kecil di mana kedua layar tidak bersentuhan.

Menurut The Elec, perubahan engsel ini memberikan keuntungan dalam hal ketebalan perangkat secara keseluruhan. Saat ini ketebalan engsel Galaxy Z Fold 4 sekitar 15,8 mm.

Di sisi lain, dengan menerapkan engsel ‘tetesan air’ baru, ketebalan smartphone bisa dikurangi menjadi sekitar 14mm saat dilipat.

Sebelumnya, beredar rumor bahwa engsel Galaxy Z Fold 5 akan dilipat 360 derajat. Samsung Display merilis sendiri prototipe ‘Flex In-N-Out’ baru yang dapat melipat dan membuka Galaxy Z Fold 5.

Seperti dilansir The Verge pada Sabtu (3 April 2023), Galaxy Z Fold 5 akan tahan air berkat sertifikasi IPX8 meski memiliki ketahanan lipat yang lebih rendah dibandingkan Honor Magic VS dan Oppo Find N2.

Baca Juga  Vape sebagai Alternatif Merokok Konvensional: Manfaat dan Risiko

Sayangnya sertifikasi waterproofing jenis ini tidak dimiliki oleh kompetitor kami. Jika pengguna menjatuhkan ponsel ke dalam air saat dilipat, ada kemungkinan besar ponsel akan terus terlipat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Bicara soal engsel, Samsung bukanlah vendor pertama yang mengadopsi desain ini untuk ponsel layar lipat, karena Oppo Find N2 juga menggunakan engsel serupa.

Seperti yang ditunjukkan Naver, Samsung telah mengajukan paten untuk engsel drop ini sejak 2016, dan hingga hari ini kami tidak tahu mengapa itu digunakan.