Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Kediri mengadakan TATBIQ Arabi ke PP. Al-Imdad Yogyakarta

YOGYAKARTA, 9-11 Mei 2018. Jurusan Pendidikan Bhasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kediri berjumlah 65 mahasiswa/wi angkatan 2015 yang ditemani staf dan dosen pembimbing lapangan, yakni Dr. Nurul Hanani, Yuyun Zunairoh, M.Pd., Khoirun Nidak, M.Pd., Munjiyat, M.Pd.I., Bagus Andrian Permata, M.Pd.I., M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I., dan staff Student Arabic Center (SAC) Romadhon Budiarto, S.Th.I., melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Al-Imdad Yogyakarta yang diasuh oleh RKH. Dr. Habib Syakur. Setelahnya akan dilanjutkan dengan agenda berikutnya, yakni outbound di Pantai Indrayanti dan ke Goa Pindul.

Tujuan diadakan acara ini tidak lain untuk belajar metode 33 kepada pengarangnya secara langsung sekaligus kepada pengasuh PP. Al-Imdad. Topik-topik yang dibahas diantaranya yakni sejarah awal mula munculnya metode 33, tujuan dan terget pembelajaran, materi atau bahan ajar dalam metode 33, strategi pembelajaran, model evaluasi, media pembelajaran, lulusan, kelebihan, dan kekurangan dari metode 33. Mahasiswa antusias dalam mengikuti kegiatan ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan dalam sesi dialog. Mahasiswa juga diajarkan praktik oleh para master metode 33 dalam mengajarkan metode 33 kepada para pembelajar. Kegiatan belajar 33 metode ini dimulai dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB.

Selain itu para mahasiswa/wi PBA juga mempelajari metode membaca kitab kuning atau kitab gundul secara cepat dan praktis. Sedangkan tahun sebelumnya jurusan PBA sudah pernah mencicipi nikmatnya belajar metode amtsilati di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Jepara Jawa Tengah. (SM)

Leave a Reply