Kalian pasti sering kan bikin tugas atau laporan pakai Microsoft Word? Nah, kali ini kita bakal bahas nih tentang cara mengubah ukuran kertas di Word. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Penting untuk mengetahui cara mengubah ukuran kertas di Word agar kita bisa menyesuaikan ukuran kertas yang kita gunakan dengan kebutuhan dokumen yang akan kita buat. Misalnya, jika kita ingin membuat dokumen poster, maka kita memerlukan ukuran kertas yang lebih besar dari ukuran kertas standar A4.

Apa Saja Ukuran Kertas yang Dapat Digunakan di Word?

Berikut adalah beberapa ukuran kertas yang dapat digunakan di Word:

A4 (210 mm x 297 mm)

A5 (148 mm x 210 mm)

Legal (8,5 in x 14 in)

Letter (8,5 in x 11 in)

Tabloid (11 in x 17 in)

A3 (297 mm x 420 mm)

A2 (420 mm x 594 mm)

A1 (594 mm x 841 mm)

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word

  • Buka Dokumen di Word: Pertama-tama, buka dokumen yang ingin kamu ubah ukuran kertasnya di Microsoft Word.
  • Pilih Layout: Setelah itu, pilih tab “Layout” di bagian atas layar Microsoft Word.
  • Pilih Ukuran Kertas Kemudian, pilih “Size” di bagian “Page Setup” pada tab “Layout”. Di sini, kamu bisa memilih ukuran kertas yang ingin kamu gunakan. Jangan lupa untuk klik “More Paper Sizes” jika ukuran kertas yang kamu inginkan tidak tercantum pada pilihan yang tersedia.
  • Sesuaikan Margin atau Batas Keliling Halaman: Sesuaikan margin atau batas keliling halaman jika diperlukan dengan mengklik “Margins” di bagian “Page Setup” pada tab “Layout”.
  • Selesai dan Simpan Dokumen
Baca Juga  Konversi Satuan Volume, Begini Penjelasan dan Panduannya

Baca Juga: Berapa ukuran kertas a5

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word dari A4 ke Letter

Buka Dokumen di Word: Pertama-tama, buka dokumen yang ingin kamu ubah ukuran kertasnya di Microsoft Word.

  1. Pilih Layout: Setelah itu, pilih tab “Layout” di bagian atas layar Microsoft Word.
  2. Pilih Ukuran Kertas: Kemudian, pilih “Size” di bagian “Page Setup” pada tab “Layout”. Pada bagian “Paper Size”, pilih “Letter (8,5 in x 11 in)” dari daftar ukuran kertas yang tersedia.
  3. Sesuaikan Margin atau Batas Keliling Halaman: Jika perlu, sesuaikan margin atau batas keliling halaman dengan mengklik “Margins” di bagian “Page Setup” pada tab “Layout”.
  4. Selesai dan Simpan Dokumen

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word dari Portrait ke Landscape

  • Buka Dokumen di Word: Buka dokumen yang ingin kamu ubah orientasinya di Microsoft Word.
  • Pilih Layout: Klik tab “Layout” di bagian atas layar Microsoft Word.
  • Pilih Orientation atau Orientasi: Di bagian “Page Setup” pada tab “Layout”, pilih “Orientation” atau “Orientasi”. Pilih “Landscape” jika ingin mengubah orientasi menjadi horizontal.
  • Sesuaikan Margin atau Batas Keliling Halaman: Sesuaikan margin atau batas keliling halaman jika perlu dengan mengklik “Margins” di bagian “Page Setup” pada tab “Layout”.
  • Selesai dan Simpan Dokumen

Cara Mengubah Ukuran Kertas di Word untuk Mencetak Envelope atau Amplop

  1. Buka Dokumen di Word: Pertama-tama, buka dokumen di Microsoft Word.
  2. Pilih Mailings: Kemudian, pilih tab “Mailings” di bagian atas layar Microsoft Word.
  3. Pilih Envelope atau Amplop: Pada bagian “Create” di tab “Mailings”, pilih “Envelope” atau “Amplop”.
  4. Pilih Ukuran Kertas: Di bagian “Envelope Options”, pilih “Envelope Size” atau “Ukuran Amplop” yang diinginkan. Pilih “Custom Size” atau “Ukuran Kustom” jika ukuran yang diinginkan tidak tercantum pada pilihan yang tersedia.
  5. Sesuaikan Margin atau Batas Keliling Halaman: Jika perlu, sesuaikan margin atau batas keliling halaman dengan mengklik “Options” di bagian “Envelope Options”.
  6. Selesai dan Simpan Dokumen
Baca Juga  Fitur Baru Dirilis Untuk WhatsApp Community Official

Kesimpulan

Artikel ini berdasaran refrensi dari website iuwashplus.or.id, kita telah membahas cara mengubah ukuran kertas di Microsoft Word. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain: membuka dokumen di Word, memilih tab “Layout” untuk mengubah ukuran kertas, memilih tab “Orientation” untuk mengubah orientasi dokumen, dan memilih tab “Mailings” untuk mencetak amplop.

Mengetahui cara mengubah ukuran kertas di Word sangat penting karena dapat membantu kita menyesuaikan ukuran kertas yang digunakan dengan kebutuhan dokumen yang akan dibuat.

Saat mengubah ukuran kertas di Word, jangan lupa untuk memperhatikan margin atau batas keliling halaman agar dokumen yang dihasilkan terlihat rapi dan enak dilihat. Selain itu, penting juga untuk menyimpan dokumen setelah melakukan perubahan.

Nah, itu tadi artikel tentang cara mengubah ukuran kertas di Word. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas dan laporan di Microsoft Word. Terima kasih sudah membaca!