Sama seperti smartphone saat ini, jam tangan pintar atau smartwatch termasuk gadget yang paling banyak dicari.

Menurut laporan Global Smartwach Model Tracker dari Counterpoint Research, jelas bahwa pasar jam tangan pintar tumbuh secara signifikan pada kuartal ketiga tahun 2022.

Patut dicatat bahwa tingkat pertumbuhan pasar jam tangan pintar global mencapai 30%. Salah satu alasan pertumbuhannya yang cepat adalah harganya yang murah dan sistem operasi yang ringan.

Jadi keduanya adalah jantung dari jam tangan pintar Amazfit terbaru.

Baru-baru ini, perusahaan China itu meluncurkan jam tangan pintar terbarunya, Amazfit GTS 4 dan GTR 4.

Produk terbaru yang muncul di pasar Indonesia, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mencoba jam tangan pintar besutan Amazfit ini secara langsung.

Model di ruang editing diuji dengan Amazfit GTS 4 selama kurang lebih dua minggu.

Bagaimana pengalaman Anda dengan Amazfit GTS 4? Tanpa basa-basi lagi, inilah ulasannya.

rancangan

Akhir-akhir ini, kami melihat semakin banyak jam tangan pintar yang mencoba meniru bentuk persegi khas Apple Watch.

Untuk masyarakat umum, bentuk Amazfit akan mirip atau meniru bentuk Apple Watch. Padahal, bentuk Amazfit GTS memang sudah boxy sejak rilis seri pertama jam tangan ini.

Garis jam tangan pintar Amazfit setebal 42mm dan beratnya hanya 27g, memiliki layar AMOLED 1,75 inci dan tali 20mm.

Amazfit GTS 4 tersedia dalam tiga warna: Infinity Black, Porgy White, Autumn Brown, dan Rosebud Pink.

Saya adalah orang normal yang banyak berkeringat saat berada di luar, jadi saya menemukan bahwa sisa keringat saya tidak menempel dengan baik di strap.

Ini bagus untuk digunakan sebagai pengguna atau sebagai teman latihan di gym atau di luar ruangan. Sayangnya, saat digunakan, kami menemukan bahwa strap jam tangan Amazfit rawan menarik kotoran.

Baca Juga  Teleskop James Webb Rilis Foto Berwarna Pertama Alam Semesta

Cukup bilas jam tangan Anda saat Anda mencuci tangan atau mandi untuk membersihkan band dari kotoran.

Penggunaan jam tangan ini sepanjang hari tidak menjadi masalah, tetapi beberapa pengguna mungkin menganggap GTS 4 terasa agak kecil di pergelangan tangan.

Ini terjadi saat dikenakan di lengan, jam tangan pintar Amazfit ini terlihat seperti jam tangan bermain anak-anak.

Terdapat sensor pengisian daya baterai dan pin magnet di bagian bawah jam, serta kenop di sisi kanan bodi yang juga berfungsi sebagai tombol fisik.

Di sebelah kiri Anda dapat melihat lubang speaker dan mikrofon. Amazfit mengklaim jam tangan ini tahan air dengan sertifikasi 5ATM. Ini berarti Anda bisa menyelam hingga 50 meter dalam 10 menit.

Bahkan saat digunakan di luar ruangan dan di bawah sinar matahari, kami mendapati tampilan layarnya masih terlihat tajam.

Layarnya juga sangat responsif terhadap sentuhan, dan user interface yang sangat halus saat menggunakannya. Anda dapat menggunakan mahkota jam tangan untuk bernavigasi melalui berbagai aplikasi yang dipasang di jam tangan Anda.

Jam tangan pintar Amazfit dikenal karena keserbagunaannya dan perusahaan telah memperkenalkannya ke lini GTS 4 juga.

Jadi, Anda perlu waktu untuk membiasakan diri dengan semua yang ada di jam tangan pintar ini.

Gesek ke bawah untuk mengakses Pengaturan, Suara, Mode Cepat, Panggilan WiFi, Bluetooth, Senter, Kunci, dan lainnya.

Anda juga dapat menggesek ke atas untuk melihat semua notifikasi aplikasi dan menggesek ke kiri untuk melihat data kebugaran, detak jantung, dan lainnya.

Gesek ke atas untuk mengakses semua pintasan yang Anda perlukan, termasuk tab Oksigen Darah, Telepon, Musik, Detak Jantung, dan lainnya.

Baca Juga:

Baca Juga  Pelajari Tentang WhatsApp Aero Apakah Ini Aman Untuk Digunakan?

Untuk penggemar kebugaran, Amazfit GTS 4 menawarkan lebih dari 150 mode latihan. Sebagian besar sudah diinstal sebelumnya di jam tangan, yang lain dapat diinstal melalui aplikasi Zepp.

Berbicara tentang Zepp, ini akan menjadi aplikasi default Anda untuk menemukan informasi terperinci dan ringkas tentang riwayat tidur, langkah, detak jantung, dan informasi lainnya.

Saya membandingkan Amazfit GTS 4 dan Galaxy Watch 4 Classic, kedua jam tangan ini dapat menghitung langkah dengan hasil yang akurat.

Selanjutnya, Amazfit GTS 4 berada 2-3 langkah di belakang Galaxy Watch 4 Classic.

Pelacakan GPS dari kedua jam tangan pintar cukup akurat. Namun, ada beberapa poin di mana Amazfit lebih unggul dari Galaxy Watch 4 Classic.

Diantaranya, Galaxy Watch 4 menawarkan sekitar 90 mode latihan dan Amazfit GTS 4 menyediakan 150.

Dibandingkan jam tangan pintar Samsung yang bertahan sekitar 40 jam, GTS 4 bisa bertahan hingga 5 minggu.

Kami mendemonstrasikan kemampuan ini secara langsung selama liputan selama seminggu di acara Snapdragon Summit 2022 di Hawaii, AS.

Saya menerima jam tangan ini dan langsung membawanya ke Hawaii dengan sisa baterai 50 persen, di mana saya baru mengisi dayanya setelah 5 hari.

Ini konsisten dengan klaim perusahaan bahwa jam tangan pintar mereka dapat bertahan hingga seminggu dengan baterai 100% tanpa mengaktifkan fitur selalu aktif.

Kembali ke Indonesia, saya juga mengisi baterai jam tangan hingga 100%, tetapi dalam seminggu saya menemukan bahwa GTS 4 di bawah 10%.

Sebagai informasi, Amazfit GTS 4 memiliki baterai berkapasitas 300mAh. Bergantung pada penggunaan, daya jam tangan pintar dapat bertahan kurang dari 5 hari atau lebih.

Secara keseluruhan, dalam hal pengalaman pemakaian, Amazfit GTS 4 merupakan perangkat wearable untuk penggunaan sehari-hari.

Baca Juga  Akhirnya, Twitter Terbuka Tentang Tuduhan Pelanggaran Data Pengguna

Dijual Rp 2.799.000, Amazfit GTS 4 menawarkan sejumlah keunggulan dibanding kompetitor kuat seperti Galaxy Watch 4 Classic.

Apalagi dari segi fitur baterai, Amazfit ini jauh lebih baik dan tahan lama.

Selain itu, fitur layar AMOLED dan strap berkualitas tinggi menjadikan perangkat ini pendamping olahraga yang sempurna bagi mereka yang mencari jam tangan pintar terjangkau dengan berbagai mode olahraga.

Sensor dan kemampuan pemantauan Amazfit GTS 4 juga sempurna, dengan rapi menambahkan mengapa jam tangan pintar harus menjadi pilihan.