Cara Memperbaiki Android Tidak Dapat Terhubung ke Wi-Fi

Ponsel Android (HP) tidak dapat terhubung ke WiFi? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa masalah pada perangkat Android Anda. Setelah memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba 9 cara untuk memperbaiki Android tidak dapat terhubung ke Wi-Fi.

1. Pastikan koneksi WiFi Android Anda dalam keadaan hidup

Apakah koneksi Wi-Fi Anda terputus? Ini biasanya terjadi secara kebetulan, tetapi cukup sering terjadi. Tentu saja karena Anda dapat dengan mudah mengaktifkan Wi-Fi di Android melalui widget di panel notifikasi.

Kebalikannya juga benar. Wi-Fi dapat dinonaktifkan secara tidak sengaja tanpa sepengetahuan Anda. Tentu, Anda juga dapat memeriksa apakah ponsel Android Anda dalam mode pesawat. Saat mode Pesawat diaktifkan, mode Wi-Fi dimatikan, jadi tidak ada koneksi internet yang tersedia.

2. Pastikan jaringan digunakan dengan kata sandi yang benar.

Sudahkah Anda memverifikasi koneksi jaringan Anda dengan memasukkan kata sandi yang sesuai? Masalah koneksi dapat disebabkan oleh koneksi ke jaringan yang salah. Ini dapat terjadi jika beberapa jaringan berasal dari ISP yang sama. Juga, pastikan Anda telah memasukkan kata sandi yang benar dengan pemisahan karakter yang benar.

Pemilik router Wi-Fi mungkin telah memperbarui kata sandi perangkat. Jadi, segera perbarui kata sandi router Anda.

3. Nyalakan ulang ponsel Android

Jika ponsel Android Anda tidak dimatikan atau dihidupkan ulang untuk waktu yang lama, sistem operasi mungkin macet. Setiap pembaruan dan halaman situs web terbuka, dan Android menambahkan ikon yang berbeda setiap kali aplikasi diluncurkan. Akibatnya, tumpukan bilah dapat menyebabkan HP mogok.

Jadi bagaimana saya bisa menyingkirkan kode-kode ini? Salah satu caranya adalah dengan me-restart HP.

Baca Juga  Sultan! Ravtar Mengisi Ulang Stumble Guys Rs 700k Per Hari

Nah, ini juga bisa berlaku untuk Wi-Fi. Anda mungkin memiliki kode yang membuat sistem Wi-Fi saat ponsel Anda mogok. Oleh karena itu, kami sarankan Anda me-restart ponsel Android Anda.

4. Coba koneksi Wi-Fi atau jaringan lain.

Jika Anda memiliki dua koneksi Wi-Fi di rumah, coba sambungkan ponsel Anda ke kedua jaringan secara bergantian. Jika satu jaringan Wi-Fi ternyata dapat dijangkau, jaringan lainnya sudah bermasalah. Ini bukan salah ponsel android Anda.

Jika Anda tidak memiliki 2 koneksi di rumah, pergilah ke pusat perbelanjaan atau tempat lain yang menawarkan Wi-Fi. Coba sambungkan ke Internet. Ya.

5. Hidupkan dan Matikan Mode Pesawat

Jika Anda malas menunggu lama hingga ponsel Anda restart, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat. Hidupkan dan matikan selama 30 detik dan sambungkan ke Wi-Fi. Terkadang sinyal seluler dapat memblokir sinyal Wi-Fi.

Untuk mengaktifkan mode ini, ketuk Pengaturan > Jaringan & Internet, lalu aktifkan Mode Pesawat.

6. Nyalakan ulang router

Kemampuan router Android dapat menyebabkan masalah koneksi ke jaringan WiFi. Sebagai solusinya, cabut router dari stopkontak dan tunggu setidaknya 30 detik sebelum mencolokkannya kembali. Selanjutnya, Anda perlu menunggu satu atau dua menit untuk memulai ulang router. Setelah menyalakan router, Anda dapat menghubungkan kembali perangkat Android Anda ke jaringan WiFi.

Apakah kamu sudah bisa bermain? Jika belum, lakukan dua hal di bawah ini.

7. Sambungkan kembali ke “Lupa Jaringan”

Bagaimana cara mengaturnya? Ini biasanya terjadi ketika fitur auto connect (koneksi secara otomatis) diaktifkan pada koneksi WiFi tertentu. Dalam hal ini, Android harus memutuskan koneksi Wi-Fi sebelum dapat terhubung kembali.

Pengaturan ini dapat dilakukan dengan memilih menu Pengaturan > Wi-Fi > Jaringan Wi-Fi yang terhubung sebelumnya. Sebuah jendela baru akan muncul di layar dengan tombol “Lupakan” untuk memutuskan koneksi WiFi. Jika sudah, ulangi proses login jaringan dengan memasukkan kembali kata sandi jaringan WiFi Anda.

Baca Juga  Saat Ditanyai Pengacara Verdi Sambo Dan Istrinya, Hortman Paris Mengaku Tidak Bisa Tidur Selama Tiga Hari.

8. Atur Ulang Pabrik

Jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah koneksi WiFi di perangkat Android Anda, opsi lain yang dapat Anda lakukan adalah mencoba reset pabrik. Pengaturan ini menghapus semua bug di Android yang dapat menyebabkan masalah dengan koneksi WiFi.

Untuk melakukan langkah ini, langkahnya tidak sulit dan bisa dilakukan dengan cepat. Namun, reset pabrik akan menghapus semua data (foto, aplikasi, dokumen) di ponsel Android Anda. Oleh karena itu, Anda harus mencadangkan data Anda sebelum memilih daftar ini.

9. Pastikan router Wi-Fi Anda tidak penuh.

Router Wi-Fi tidak dapat mengakomodasi jumlah perangkat yang tidak terbatas. Artinya, ada batasan. Jadi buka pengaturan router Anda.

Periksa jumlah perangkat yang terhubung ke router. Jika Anda memiliki beberapa alat, hapus atau “blokir” yang tidak Anda gunakan.

Bagaimana cara menyambungkan kembali ke WiFi?